Selasa, 08 September 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN


Sekolah                       : SDN Kartika Sejahtera 01
Kelas/Semester            : IV/1 Empat/Satu
Materi Pembelajaran   : Permainan Tradisional
Alokasi Waktu            : 2x35 Menit
Pertemuan Ke                         : 7 (tujuh)


A.    Standar Kompetensi :
§  Menampilkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di  dalamnya.
B.     Kompetensi Dasar 
§  Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainantradisional dengan baik, serta nilai ker jasama,toleransi,percayadiri,keberanian,menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
C.    Indikator
§  Kecepatan, kekuatan, kelincahah, dan kerjasama.
§  Bermain  benteng-bentengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
D.    Alokasi Waktu        
§  3 x 35 menit (2x pertemuan)
E.     Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui betapa banyak permainan- permainan tradisional di indonesia
2.      Siswa mampu melakukan gerak dasar lokomotor dengan melakukan permainan tradisional
3.      Siswa mampu mengaplikasikan rasa saling menghargai teman dan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari
4.      Siswa dapat bermain dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

F.     Materi Pembelajaran
Permainan tradisional dengan judul benteng-bentengan
G. Media dan Alat
1. Lapangan kosong
2. Dua buah tiang yang sama besar nya
H. Cara Bermain
Benteng/bentengan
permainan terdiri dari 2 kelompok, inti dari permainan ini adalah banyak2an siapa yang berhasil menduduki benteng lawan (dengan simbolnya menyentuh benteng lawan). Setiap team akan menjaga bentengnya benteng (bentuk dan bendanya terserah, biasanya tiang listrik, pohon, tembok, dll) sekaligus menyerang benteng lawan. Setiap penyerang yang sudah jauh meninggalkan bentengnya, akan bisa ditangkap oleh penjaga, dan jika tertangkap penyerang akan menjadi tawanan. Dan harus di selamatkan oleh kawannya untuk bisa bermain lagi. kelompok yang berhasil lebih banyak mendudukin benteng lawan, itulah yang menang
I.       Metode Pembelajaran
§  Inclusive (cakupan)
§  Demontrasi
§  Part and whole (bagian dan keseluruhan)
§  Resiprocal (bolak balik)
J.      Sumber Belajar
§  Lapangan
§  Tiang atau kayu atau sejenis nya
§  Buku teks
§  Buku referensi
K.    Penutup
Siswa dalam kegiatan penutup diberikan gerakan-gerakan yang sifatnya pelemasan sehingga otot-otot yang tegang jadi kendor kembali seperti semula gerakan relaksasi, juga diberikan koreksi kekurangan dan kelebihan-kelebihannya. Setelah itu diberikan informasi kegiatan minggu berikutnya, ditutup dengan salam dan berdoa, serta siswa diminta untuk mempersiapkan pelajaran jam berikutnya.

L.     Penilaian
Anak diminta untuk bermain benteng- bentengan denan benar dan diamati :
a.    Kesungguhanya dalam melakukan
b.    Dilihat teknik kecepatannya
c.    Dilihat teknik kelincahannya
d.    Dilihat teknik dan strategi


Bogor, 12 Maret 2019
Kepala Sekolah                                                                                  
SDN Kartika Sejahtera 01                                          Guru PJOK


Drs. Mulyana, M.Pd.                                                  Ramdani, S.Pd.

NIP. 19670102198809001                                         NIP.1994021420180210001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya